Demo KPK Tuntut Para Komisioner KPK Segera Mengundurkan Diri

Jakarta, (Warta Viral) – Keberadaan tiga pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yaitu Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode M Syarif yang masih aktif dipertanyakan sejumlah pihak.

Pasalnya, mereka sudah membuat keputusan mundur menjadi pimpinan KPK. Tetapi kembali bekerja dan datang di Kantor KPK, Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan.

Desakan mundur Pimpinan KPK datang dari massa yang mengaku dari Jaringan Aktivis Hukum Indonesia (Jahid). Mereka menggelar aksi di depan gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Dalam aksi yang diwarnai bakar ban dan pemblokiran jalan itu Jahid mendesak para komisioner KPK saat ini segera mengundurkan diri.

Koordinator Jahid Wilfrid Yons Ebit dalam orasinya mempertanyakan kinerja dan legal standing KPK. Alasannya, pasca-pengunduran diri dan penyerahan mandat sejumlah pimpinan KPK kepada Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, Jahid menganggap kepemimpinan di lembaga antirasuah itu telah vakum.

“KPK saat ini telah menghina rakyat, telah menghina Presiden Republik Indonesia karena penyerahan mandat merupakan pelanggaran etik pejabat negara yang tidak dapat ditoleransi. Pemimpin KPK tak punya etika ketika menyerahkan mandat kepada presiden. Mereka harus segera angkat kaki dari gedung merah putih,” ujar Ebit.

Menurut Ebit, kinerja KPK benar-benar merosot. KPK, katanya, terkesan hanya kejar tayang sehingga kasus-kasus kecil saja yang terungkap.

Selain itu, Ebit juga menuding KPK tebang pilih. Sebab, ada beberapa kasus korupsi yang lolos bahkan tidak tersentuh KPK. Seprti Kasus Anies Baswedan terkait laporan Direktur Eksekutif Goverment Against Corruption & Discrimination (GACD) Andar Mangatas Situmorang atas dana rombongan Frankfurt Book Fair 14-18 Oktober 2015 yang diduga diselewengkan Anies mencapai Rp 146 miliar.

“KPK jangan tebang pilih, beberapa kasus korupsi terkesan dipaksakan. Karena itu kami minta KPK segera menghentikan proses penindakan sebab keberadaan lima komisioner KPK saat ini sudah ilegal dan cacat hukum. Setop politisasi kasus. Kehadiran kami di sini ingin menyatakan mosi tidak percaya kepada KPK,” katanya. (Wilson)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.