Goa Sijurung Markas Kapten Bongsu Pasaribu Objek Wisata Sejarah

Tapteng, (Warta Viral) – Goa Sijurung di desa Sugasuga Hutagodang Kecamatan Pasaribu Tobing Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) salah satu tempat markas perjuangan Kapten Bongsung Pasaribu yang sangat potensial dikembangkan menjadi objek wisata sejarah.

Goa alam yang berada di kawasan perbukitan Sinar Dolok Siordang dengan ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut.

Goa itu itu terlihat masih sangat asri dikelilingi pepohonan besar dan mata air dari bebatuan yang mengalir jernih, yang juga ditingkah dengan suara burung dan orang hutan yang saling bersahutan akan membuat suasana merasa nyaman dan tenang sebagai mana berada dialam bebas.

“Destinasi objek wisata di Tapteng kini bukan hanya pantai dan air terjun serta religi namun ada juga goa alam di desa Sugasuga Hutagodang sebagai objek wisata baru yang potensial dikembangkan menjadi objek wisata sejarah” ujar kepala desa Sugasuga Hutagodang Antonius Habeyahan kepada wartawan Jumat (2/8/2019).

Goa Sijurung yang keasriannya masih terjaga dengan baik itu pernah digunakan oleh pahlawan nasional Kapten Bongsu Pasaribu bersama dengan pasukannya sebagai tempat mengintai maupun bersembunyi dari kejaran pasukan tentara Belanda pada saat perang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan didalam goa tersebut Kapten Bongsu Pasaribu biasa mengadakan rapat dengan pasukannya untuk mengatur strategi menyerang pasukan musuh

“Dulu didalam goa ini ada meja dan kursi untuk rapat mengatur strategi menyerang musuh, ada juga priuk dari tanah serta ulakan cabe untuk memasak dan dari goa ini Kapten Bongsu Pasaribu bersama pasukannya bergerilya ke Barus menelusuri jalan setapak” sebut Antonius. (Rekson Pasaribu)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.