Jangan Terbitkan Perppu KPK, Tunggu Judicial Review di MK

Jakarta, (Warta Viral) Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta semua pihak harus menghormati proses uji materi yang sedang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).

Saat ini, kata Jusuf Kalla, ada pihak yang telah mendaftarkan uji materi atas UU KPK hasil revisi meski undang-undangnya belum diberi nomor.

ya. Masih ada jalan yang konstitusional yaitu judicial review di MK. Itu dulu. Tentu kan sekarang sudah ada yang masukkan walaupun undang-undangnya belum berlaku,” ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Sementara hal yang sama juga disampaikan anggota Badan Legislasi DPR Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan, pandangan resmi kami di fraksi, sebaiknya tetap melalui judicial review dan legislative review. Sedikit memakan waktu tetapi prosesnya lebih sehat, ada di jalur hukum, bukan dengan hasil tarik menarik kepentingan politik,” kata Hendrawan kepada wartawan, Selasa (8/10/2019).

Hendrawan kemudian menjelaskan semangat awal merevisi UU KPK. Dia menuturkan, perlu ada check and balances untuk KPK sebagai lembaga super body. Maka dari itu, dibuat dewan pengawas dengan harapan bisa menjadi penyeimbang.

“Pada awalnya sebenarnya sederhana yaitu harapan agar sebuah lembaga hukum dengan wewenang sangat besar, bahkan disebut sebagai super body, diawasi dengan tata kelola yang sehat (good governance). Itu sebabnya dibuat Dewan Pengawas,” ujar Hendrawan.

“Jadi KPK yang semula pakai sistem single tier (satu lapis) diganti dengan two tiers (dua lapis) agar terjadi proses check and balance secara internal,” imbuhnya.

Menurut politikus senior PDIP ini, sistem two tiers terbukti mampu bertahan berabad-abad dalam menjaga dan menciptakan suatu keseimbangan dalam kewenangan yang besar dan dinilai sebagai tata kelola modern yang bagus. (Edward)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.