Kepala Desa Pasirranji Diduga Korupsi Dana Desa

Bekasi, (Warta Viral) – Ketua LSM Tipikor Jonathan menyoroti polemik upaya pencegahan korupsi dana desa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi masih rendah. Hal ini dapat dilihat banyaknya dugaan penyelewengan yang dilakukan oknum Kepala Desa.

Salah satunya yang terjadi di Desa Pasirranji, di Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, dimana Kepala Desanya, bernama Wardi Sunandar merahasiakan dana desa atau tidak membuat rekapitulasi laporan pengunaan dana desa tahun anggaran 2019 untuk diumumkan di papan pengumuman desa.

Akibatnya warga masyarakat tidak tahu berapa nilai dana desa yang diterima desa tersebut dan juga tidak tahu peruntukannya untuk apa.

“Kepala Desa Pasirranji tidak mengumumkan pengguna anggaran dana Desa di papan pengumuman milik desa, itu artinya Kepala Desa segaja menyembunyikan pengunaan anggaran dari warga masyarakatnya,” ujar Ketua LSM Tipikor Jonathan kepada Warta Viral, Selasa (19/11/2019).

Kata Jonathan, dengan tidak adanya keterbukaan dana desa atau transfaransi di Desa Pasirranji sangat kuat dugaan telah terjadi korupsi. Karena tidak adanya sosialisasi berupa rekapitulasi dana desa.

Selain itu, kata Jonatan dana desa yang diterima di Desa Pasirranji belum adanya laporan mengenai implementasi sistem pengawas keuangan desa (siswaskeudes) dan laporan pertanggungjawaban dana desa.

“Saya melihat karena faktor kebiasaan. Ini kan masih baru sehingga aparatur pemerintahan desa juga belum seluruhnya menguasai tentang pelaporan dan penyusunan anggaran pembangunan desa., ” kata Jonathan.

Sementara menganai pengawasan yang dilakukan oleh inspektorat Kabupaten Bekasi hingga kini masih dilakukan dengan meninjau sejauh mana realisasi dana desa yang telah dikucurkan pemerintah.

“Sampai hari ini kita masih turun ke desa-desa. Ini kan memang sesuai dengan mandatoris dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mengevaluasi dana desa.
Sementara, Kepala Desa Pasirranji Wardi Sunandar belum berhasil ditemui karena yang bersangkutan tidak ada di Kantor. Sedangkan Sekdes Desa Pasirranji berjanji akan mempertemukan Kades dengan wartawan Warta Viral. Namun hingga berita ini dipublikasikan tidak ada pertemuan yang ditawarkan Sekdes untuk mempertanyakan dana desa itu. (Wilson/red)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.