Menyedihkan Sekali Siswa di Dairi Belajar di Atas Karpet

Dairi, (Warta Viral) – Beberapa siswa terpaksa belajar menggunakan karpet karena tidak memiliki meja belajar, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Rosema Silalahi di temui oleh wartawan di ruangannya Kamis ( 17/10/2019 ) di dampingi oleh beberapa stafnya beberapa waktu lalu terkesan serius menanggapi informasi dari wartawan. Selanjutnya dia mengatakan akan segera turun untuk melakukan peninjauan .

” Hari ini kita mau berangkat ke bakal untuk meninjau langsung, ” katanya dengan expresi wajah serius. Tak hanya itu, masih di dalam ruanganya dan di hadapan para stafnya dia juga sempat mengajak salah seorang staf untuk menemani dirinya ” tu bakal julu Hita saonari adong murid ni sikkola belajar pake ambal (kita mau berangkat ke bakal julu , katanya ada siswa sekolah yang belajar di menggunakan ambal ) ” ujarnya.

siswa di Dairi Belajar di Atas Karpet

Menurutnya kejadian yang di alami oleh siswa tidak akan terjadi apabila kepala sekolah lebih tanggap dan jeli untuk mengatasi permasalahan di sekolah sehingga siswa tidak belajar menggunakan ambal ataupun karpet ,seyogianya kepala sekolah segera melaporkannya ke dinas agar segera di tangani dan tidak berlarut-larut.. kan ada dana bos .. semestinya dana bos bisa di pergunakan , karena dana bos dapat di pergunakan untuk memperbaiki bangku atau meja yang rusak itu, katanya.

Namun sangat di sayangkan sekali perkataan sang kadis akan turun langsung melakukan peninjauan di duga isapan jempol belaka , alias ” holan hata ” (omong doang). Terbukti , Saat keesokan harinya ( Jumat 18/10 ) wartawan mengecek langsung ke sekolah SDN 030376 Bakal Julu tempat para siswa belajar di atas karpet , ternyata Kadis cantik ini tidak datang ke sekolah seperti yang di katakannya kepada wartawan, ini di buktikan dengan pengakuan guru-guru yang berhasil di mintai keterangannya oleh media ini.

Kepala sekolah SD Negeri 76 Bakal Julu Besman Turnip tidak ada di kantornya ( Jumat 18/10 ) ketika akan di mintai keteranganya tentang rencana kedatangan Kepala Dinas untuk melakukan peninjauan ke sekolahnya.

Salah seorang guru mengaku Boru boang Manalu menyebutkan kepala sekolah sedang tidak ada di kantor karena sedang mengikuti rapat selanjutnya dia juga membenarkan ketidak hadiran kepala dinas pendidikan kabupaten Dairi ke sekolah tempatnya mengajar itu ” Bapak kepala sekolah sedang mengikuti rapat ” ujarnya.

SD Negeri 030376

Selanjutnya dia mengakui bahwa kepala dinas pendidikan kabupaten Dairi tidak datang melakukan peninjauan ke sekolah.

” Kemarin Bu kadis tidak ada datang ke sini pak ” akunya saat di tanyai wartawan yang diamini oleh rekan-rekannya.

Seperti di ketahui, sejumlah siswa di desa bakal Julu kecamatan Siempatnempu Hulu terpaksa belajar di atas karpet Karena tidak memiliki bangku dan meja belajar.

Tampak beberapa orang siswa/siswi kelas ll di SDN 76 Bakal Julu sedang belajar dengan posisi duduk di atas karpet atau ambal berwarna biru di dalam kelasny, dan Sebagai pengganti meja belajar mereka menggunakan meja yang sangat kecil sedangkan siswa lainnya belajar menggunakan meja dan kursi yang tampak mulai rusak juga . .

Menurut keterangan beberapa orang guru yang di mintai keterangannya oleh media ini mengaku kejadian tersebut sudah berlangsung hampir satu semester. ” ini sudah hampir satu semester.. mereka ada delapan orang yang tidak memiliki meja belajar “ujar Boru boang Manalu didampingi oleh guru lainnya.

Selain itu juga di sudut ruangan kantor yang hanya dibatasi oleh lemari tampak beberapa siswa yang sedang belajar agama katolik juga belajar di atas karpet.,karena keterbatasan ruangan akhirnya ruangan kantor tersebut terpaksa di pergunakan agar siswa yang beragama katolik dapat belajar agama .

” Kita tidak memiliki ruangan jadi terpaksa menggunakan sebagian ruangan kantor untuk tempat belajar siswa yang beragama katolik,seluruh siswa yang beragama katolik belajar di ruangan ini.. habis bagaimana lagi pak … daripada siswa kita gak belajar agama katolik ” ujar Sembiring yang mengaku sudah puluhan tahun menjadi guru honor bidang studi agama katolik di sekolah itu.

Senin (21/10) di temui di lingkungan kantor dinas pendidikan kabupaten Dairi, Rosalina beralasan dirinya tidak jadi datang melakukan peninjauan ke SDN 76 bakal Julu beberapa waktu yang lalu di sebabkan oleh berbenturan jadwal kerjanya selanjutnya dia berjanji akan kembali melakukan peninjauan ” Iya saya tidak jadi turun ke sana ,karena kebetulan ada kunjungan ke parbuluan,’ minggu- Minggu ini kita akan upayakan ” tambahnya . ( Kristoni)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.