Ribuan Umat Katolik Ikuti Misa Pesta Kristus Raja Semesta Alam

Dairi, (Warta Viral) – Minggu (24 / 11/2019) ,waktu menunjukkan pukul 09 : 00 wib . Ribuan umat Katolik kabupaten Dairi padati halaman Gereja Paroki Maria Pertolongan orang Kristen saat menghadiriq Misa Pesta Kristus Raja Semesta Alam yang di laksanakan di halaman Gereja . Di perkirakan lebih dari 2000 orang umat hadir dalam misa perayaan tahunan ini .

Ada hal yang unik dalam perayaan ini , sebelum misa di mulai umat terlebih dahulu di suguhi dengan seminar iman Katolik dan budaya yang di bawakan oleh pastur Krisna dari rumah Retreat Tanjung Pinggir Pematang Siantar.

Dengan durasi 1 jam , seminar yang di isi dengan guyonan pastur Krisna mampu menghibur dan mengocok perut umat dan para Pastur dan Suster. Sehingga tak heran jika tawa dan tepuk riuh rendah umat mengemuruh di sekitar lingkungan gereja.

Selain mengguyon, Pastur yang asli keturunan Jawa ini juga mampu memukau decak kagum umat ketika pastur menggunakan umpasa Batak Toba ( peribahasa) .bahkan sepanjang seminar pastur ini selalu menggunakan bahasa Batak Toba yang membuat jemaat semakin gregetan.

Setelah seminar usai kemudian dilanjutkan dengan ibadah misa yang di pimpin oleh Pastur Mandeus Siringo ringo , O . Carm. Di dampingi oleh Pastur Ipong , O . Carm dan Pastur Andre , O Carm.

Suasana menjadi terbalik 180 derajat saat pastor mandeus mulai membuka ritual ibadah semua menjadi hening tidak ada lagi tepuk tangan dan suara gelak tawa , semuanya terlarut dalam kekhususan masing – masing dalam menyambut kehadiran Tuhan. Misa di isi paduan suara dari kelompok paduan suara flos carmeli yang di pandu oleh Robertus Simarmata .

Wakil ketua DPP Paroki Maria pertolongan orang Kristen , Yohanes Keraf , mengatakan dalam memeriahkan acara ini pihak panitia mengadakan beberapa beberapa perlombaan ” ada beberapa perlombaan yang di selenggarakan oleh panitia, Seperti lomba mazmur, kuiz kitab suci dan lain – lainnya. ” katanya.

Pria yang mengaku sudah di dapuk menjadi marga Aritonang ini menyebutkan bahwa umat Katolik Dairi sangat merindukan dan haus akan perlombaan – perlombaan gereja yang di selenggarakan oleh panitia.” ini terlihat dari antusias dari umat dan kita berharap semoga di tahun yang akan datang lebih meriah lagi ” singkatnya.

Ibadah perayaan pesta Kristus Raja Semesta Alam ini merupakan pesta sekaligus penutupan tahun liturgi gereja yang di selenggarakan setiap tahunnya oleh seluruh umat Katolik kabupaten Dairi. ” Pesta ini merupakan pesta tahunan yang selalu di laksanakan oleh paroki setiap tahunnya dan ini adalah sekaligus penutupan tahun liturgi ” ujar M S Situmorang Seksi liturgi Paroki.

Di tambahkannya, selain umat paroki Maria pertolongan orang Kristen, pesta perayaan Kristus raja semesta alam ini juga turut di hadiri oleh stasi- Stasi paroki yang ada di kabupaten Dairi .” Paroki kita memiliki 26 Stasi dan 13 lingkungan kota , setiap Stasi mengirimkan utusan masing – masing ” jelasnya.

Situmorang menyebutkan saat ini Paroki Maria Pertolongan orang Kristen memiliki jemaat yang resmi terdaftar sebanyak 800 KK .” jemaat Katolik di gereja ini sendiri sudah ada 800 KK dan saya melihat animo umat sangat tinggi, melalui acara ini di harapkan dapat meningkatkan iman dan rasa kebersamaan di kalangan umat ” katanya.

Acara penutupan tahun liturgi dan pesta perayaan pesta Kristus Raja Semesta Alam ini di nakhodai oleh Japaet Sigalingging ( ketua ) , Sarden Sihotang ( sekretaris) , B Samosir ( bendahara ) . ( Kristoni)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.