Tim Wasev TMMD ke-106 Kunjungi Dairi

Dairi (Warta Viral) – Kodim 0206 Dairi menerima kunjungan Tim Wasev (Pengawasan dan Evaluasi) TMMD ke-106 Tahun 2019.tim yang dipimpin oleh Brigjen TNI F. S Multahajar beserta rombongan tiba di Aula Kodim 0206 Rabu (23/10/2019).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Dairi Dr. Eddy K. A. Berutu, Dandim 0206 Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto, Pimpinan OPD, Forkopimda dan Undangan.

Dandim 0206 Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto menyampaikan pemaparan singkat tentang pelaksanaan TMMD ke-106 tersebut.

Hadi Purwanto juga menyampaikan bahwa dasar dari kegiatan ini adalah Keputusan PJO TMMD Nomor Kep/01/XI/2018 tanggal 18 November 2019 tentang pengesahan Renum TMMD 2019 dan Surat Telegram Pangdam I/BB selaku PKO I Nomor STR/687/2019 tanggal 7 Oktober 2019 tentang menyiapkan dan menerima kunjungan Tim Wasev dari PJO.

Pembinaan Teritorial (Binter) merupakan metode dan kegiatan serta kemampuan teknis militer yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan dan pengendalian potensi wilayah dengan segenap aspeknya untuk kepentingan tugas pokok TNI dalam pertahanan negara.

Di sampaikannya juga bahwa dalam TMMD ke-106 ini telah dilakukan beberapa kegiatan yang berupa kegiatan fisik dan non fisik, kegiatan fisik yang dilakukan berupa pembukaan badan jalan sepanjang 7.000 Meter dengan lebar 8 Meter, Pembuatan Gorong-Gorong sebanyak 3 Unit, Pembuatan Pos Kamling dan Pengecatan Rumah Ibadah. Sedangkan dalan kegiatan Non fisik dilaksanakan sosialisasi tentang bela negara, kesehatan , pertanian, bahaya narkoba dan faham radikal.

“Melalui TMMD, TNI akan membantu Pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, membantu percepatan pembangunan dan menjaga Kamtibmas di pedesaan dalam rangka mewujudkan Ketahanan Nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat” ujarnya

Sementara itu, Brigjen TNI F. S Multahajar menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas dukungan dan kerjasamanya terhadap program yang sama-sama dimiliki Pemerintah untuk mempercepat akselerasi kesejahteraan masyarakat.

“Maksud kedatangan saya dan tim dalam rangka melaksanakan perintah yang diberikan oleh Kasad kepada kita Bapak Jendral TNI Andika Perkasa selaku penanggungjawab TMMD guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan serta untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan pelaksanaan TMMD yang akan datang.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu pada lintas sectoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintahan non Kementerian , Pemerintah Daerah dan masyarakat sebagai upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah. Program TMMD dilaksanakan atas perencanaan yang mengutamakan atas aspirasi dan kepentingan masyarakat yang dilaksanakan secara integral karena melibatkan semua unsur-unsur yang terkait yang dimulai dari tingkat desa, kelurahan sampai tingkat kabupaten kota.

“Dalam pelaksanaan TMMD kali ini marilah kita bersama-sama bergotong royong untuk saling membantu untuk menyukseskan program TMMD ke-106 agar hasil pelaksanaan TMMD dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta kemanunggalan TNI bersama masyarakat” harapnya.

Selanjutnya Tim Wasev (Pengawasan dan Evaluasi) TMMD, kegiatan dilaksanakan ke lokasi untuk melihat dan evaluasi hasil dari TMMD ke-106 Tahun 2019. (Kristoni)

Facebook Comments

admin

wartaviral.com diterbitkan berdasarkan undang undang Pers nomor 40 tahun 1999 oleh PT Nasional Tritunggal Jayautama yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No 34, RT 01,RW 06, Kecamatan Kelapa Gading, RT.1/RW.6, Klp. Gading Tim., Jakarta Utara, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.